Musim hujan datang, hati-hati berkendara terapkan tips ini


Musim hujan sudah datang lagi, bagi anda yang sering perjalanan yang jauh harus sedia payung sebelum hujan. Musim hujan selain ada manfaatnya juga dimungkinkan bisa mengundang bahaya dijalan raya terlebih ketika anda sedang dalam perjalanan jauh. Baik bermotor maupun berkendara mobil.  Ini disebabkan oleh jalanan yang menjadi licin, genangan air, dan lubang dijalan yang tidak terlihat karena tertutup oleh genangan air. Ini sangat dimungkinkan menjadi  angka kerawanan kecelakaan dimusim hujan semakin meningkat.

Mengingat hal bahaya itu, anda harus memperhatikan dan mempersiapkan betul ketika hendak perjalanan jauh. Baik bermotor maupun menggunkan mobil. Ekstra hati-hati agar kemungkinan-kemungkinan bahaya diatas bisa dihindari jikalau kita sudah mempersiapkan semuanya. 

Agar lebih detail kita intip tips berkendara yang harus anda perhatikan saat hujan.

  • Sedia jaket mantel bagi pengendara motor


Mantel menjadi salah satu yang sangat penting  ketika hendak perjalanan jauh dimusim hujan khusus bagi and yang bermotor. Sebab tanpa mantel anda dimungkinkan tidak bisa melanjutkan perjalanan anda, karena dipatikan hujan deras menggunyur tubuh anda.  Apalagi perjalanan anda dalam hal-hal yang penting, sangat bermanfaat sekali untuk dipersiapkan.
  • Periksa kondisi semua ban

Kondisi jalanan yang licin tentunya harus didukung oleh kondisi kesehatan ban yang benar-benar prima. Kesehatan ban dimaksudkan apakah ban motor atau mobil anda kondisi ban masih bagus atau tidak. Jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera ganti sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan raya. Hal lain juga  yang harus dilakukan adalah mengecek tekanan angin pada masing-masing ban. 
Intinya jangan sampai ban kempes ketika kendaraan sedang digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh. Periksalah minimal satu kali dalam sebulan!

  • Periksa semua lampu

Pertama, Dimulai dari lampu depan atau lampu utama terlebih dahulu. Pastikan menyala dengan baik karena lampu depan sangat dibutuhkan saat sedang hujan. Sebab ketika jatuhnya air hujan yang lebat dan keras mengenai anda yang sedang berkedara menghalangi pengilhatan anda. Artinya lawan orang yang berkendara tidak akan terlihat. 
Kedua, pastikan juga lampu rem menyala dengan baik. Ketika hujan besar, biasanya jalanan akan terlihat kurang jelas. Kalau sudah begini. Lampu belakang dan lampu rem akan sangat berjasa memberi tahu pengendara yang berada di belakang. Jangan lupa juga untuk mengecek lampu lating kanan - kiri  (lampu tanda belok)..

  • Periksa kontrol utama

Apa saja yang termasuk bagian kontol utama kendaraan?
Bagian ini terdiri dari kemudi, pedal gas, pedal rem, dan kopling (yang berkopling). Pastikan semua bagiannya dapat berfungsi dengan sangat baik dan tidak ada satupun yang macet.
Sebaiknya berikan juga perhatian dan perawatan ekstra pada setiap bagian, khususnya saat musim hujan. Hal ini sangat dianjurkan agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk dari kecelakaan.
Sudah mengecek semua bagian kendaraan Anda? Apakah ada yang harus diperbaiki? Kalau ya, sebaiknya segera bawa ke bengkel dan jangan ditunda lagi!
Kebanyakan orang menyepelekan hal-hal di atas hingga akhirnya terjadi kecelakaan. Bukan hanya itu, ada juga yang terlalu sayang membawa kendaraan ke bengkel jika belum benar-benar rusak.
Padahal, coba bayangkan jika kendaraan dibiarkan dengan kondisi yang apa adanya. Apa yang terjadi? Mungkin bisa jadi mogok, namun yang selanjutnya adalah mesin tidak berfungsi dengan baik dan akhirnya kecelakaan. Kalau sudah begini, biaya yang harus dikeluarkan pun tentu akan jauh lebih besar daripada membawa kendaraan ke bengkel. Rugi ‘kan?


  • Yang  terkahir jangan ngebut.


Mengurangi kecepatan mobil ketika berkendara saat hujan adalah hal yang wajib dilakukan. Saat hujan jalanan bukan hanya licin karena air, namun bisa juga licin karena air yang bercampur dengan oli yang berceceran. Kalau hal tersebut terjadi, maka bisa saja ban mobil Anda tergelincir atau slip. Supaya hal itu tidak terjadi, kemudikanlah kendaraan andan dengan kecepatan rendah. “Santai yang penting sampai”.

3 Responses to "Musim hujan datang, hati-hati berkendara terapkan tips ini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel