Chek Nomor Ijazah Anda Sebelum Daftar CPNS 2019, Seperti Berikut !


Dibulan Oktober 2018  adalah masa pendaftaran CPNS 2018. Yang dibuka mulai tanggal 26 September 2018 dan diperpanjang sampai 15 Oktober 2018 nanti. Jutaan CPNS berbondong-bondong menyiapkan persyaratan administrasi. Seperti KTP, KK, Foto, Ijazah dan transkip nilai kelulusan terakhir. Di persiapan dokumen tersebut ada hal yang perlu dikhawatirkan dan ada kemungkinan ini menjadi penyebab tidak lulusnya seleksi administrasi. Yaitu di dokumen ijazah S1. Sebab penulis mengalami kebingungan pada  saat masuk di kolom untuk pengisian  Nomor Ijazah. Karena ada ragam penulisan nomor ijazah disetiap perguruan tinggi. Ada yang ditulis Nomor Seri Ijazah dan ada yang menggunakan No Ijazah Langsung.
Untuk memastikan kebingungan tersebut penulis menemukan solusi untuk chek validitasnya, Apakah dengan no seri ijazah tersebut  memang terdaftar https://ijazah.ristekdikti.go.id/. Simak cara cheknya dibawah ini. 
  1. Kunjungi Situs Resmi Dikti
Silahkan anda klik link ini https://ijazah.ristekdikti.go.id/. Lalu akan muncul halaman seperti gambar dibawah: 


      2.  Isi Formulir Verifikasi
  • .      Silahkan anda coba inputkan nama perguruan tinggi anda dikolom Perguruan Tinggi
  •      Kemudian masukkan yang menurut anda itu nomor ijazah dikolom Nomor Ijazah. Sekedar percobaan untuk memastikan terdaftar atau tidak dengan nomor tersebut. Jika terdaftar berarti memang itu nomor ijazah anda. 
  •       Biasanya jika terdapat banyak jurusan diperguruan tinggi anda. Anda nanti disuguhkan kolom combo daftar jurusan anda yang secara otomatis muncul. Anda tinggal pilih sesuai dengan jurusan yang anda tempuh. 
  •          Selanjutnya kolom Angka Pengaman sebagai angka untuk verifikasi saja. Jumlahkan angka yang ada dikolom tersebut kemudian inputkan. 
  •       Dan terkahir tekan tombol Verifikas

        3. Ijazah Yang Terdaftar
Setelah ditekan tombol verifikasi kemudian muncul seperti gambar dibawah ini :

 Berarti nomor seri  ijazah anda terdaftar di kementrian Riset dan DIKTI.! Pesan yang muncul data hasil verifikasi : Data ditemukan..!

   4.  Ijazah Yang tidak Terdaftar

Akan tetapi jika setelah di verfikasi dan nomor ijazah anda tidak ditemukan maka akan muncul gambari berikut ini :


Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKT.


Terakhir dengan adanya artikel ini semoga bermanfaat dan bertambah ilmu anda. Selamat mencoba...!

6 Responses to "Chek Nomor Ijazah Anda Sebelum Daftar CPNS 2019, Seperti Berikut !"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel