Orang Gunung Belajar Desain WPAP




WPAP, apa itu WPAP?. Mungkin untuk kalangan tua orang gunung belum familiar dengan kata itu. Maklumlah, orang gunung primitif. Hehe!. Tapi untuk kalangan pemuda jaman now jangan ditanya. Kebanyakan sudah tau dan kenal dengannya. Bagi yang belum kenal dan ingin mengenalnya mari saya ajak menyimak dari pengalaman saya, bagaimana saya berkenalan dan berkencan dengan desain ciamik itu.
1.       Berjumpa diteras facebook
Sebagai orang gunung, cukup sederhana saya memulai perkenalan dan belajar tentang WPAP. Dari perkenalan, saya tau dari tautan-tauatan desain foto bergaris dan kotak-kotak itu dihalaman facebook. Entah siapa pegirimnya saya sudah lupa.  Dari perkenalan spintas itu, timbul rasa penasaran akhirnya saya search group WPAP difacebook. Dan ternyata sudah banyak sekali group tentang WPAP disana. Mulai Group Belajar WPAP Yuk, WPAP Jawa Timur dan yang lain. Akhirnya saya bergabung digroup-group itu. Melihat banyak upload-an foto WPAP yang sunguh menarik dan penuh estetik sekali digroup itu. Dari itu saya memulai tertarik untuk membuat dan memberanikan diri untuk bertanya-tanya. Dan mereka para master mengarahkan kepada saya untuk benar-benar telaten dan bersabar bagi yang memulainya. “Belajar jangan hanya dari sini terus, coba cari tutorial-tutorial yang lain, diyoutube.com, google.com atau yang lain” komentarnya.
2.       Berkencan diyoutube
Dari pertemenan di group WPAP itu. Akhirnya saya diarahkan untuk berteman dengan youtube.com. Terntaya youtube.com sangat ramah, tinggal ketikkan apa saja yang diingikan kita, disitu tersaji ragam tutorial untuk WPAP. Mulai dari yang pemula sampai bisa membuat. Saya memilih tutorial yang berjudul Tutorial dasar WPAP dengan Photoshop (dengan suara + file latihan) by Thorofi. Tutorial itu cukup detail menjelaskan. Dari definisi sampai  praktek membuat desainya.
  Dari video tutorial diatas dijelaskan bahwa WPAP itu adalah singkatan dari Wedha’s Pop Art Potrait dan penemunya mas WEDHA ABDUR ROSYID, asli orang Cirebon. Beliau termasuk ilustrator senior di Indonesia. Menurut beliau definisi dasar WPAP adalah gaya ilustrasi potret wajah manusia (biasanya fitur-fitur terkenal) yang didominasi bidang-bidang datar marak warna yang diletakkan di depan, tengah, dan belakang untuk menimbulkan dimensi. Dan dimensi itu dibentuk dari garis-garis imajiner tegas dibentuk wajah. Contoh desain WPAP Founder WPAP :


https://afrizal-ansyah.deviantart.com/art/Wedha-Abdul-Rasyid-Founder-WPAP-606962099
Dari persahabatan yang mesra itu akhirnya saya memulai untuk mencoba mendesain. Selesai desain satu ke desain foto yang lain. Saya upload di group WPAP di facebook biar banyak para master mengarahkan. Walaupun hasilnya belum memukau tapi berkat dari hasil desain kita sendiri bisa menimbulkan keterpuasan tersenidiri. Saya bangga bisa belajar WPAP, terimaksih buat mas Wedha Abdul Rasyid atas penemuannya.Tengok berikut metamorfosis dari hasil desain WPAP kami. 

Dan banyak lagi yang lainnya. Maaf gak bisa upload semua...hehehe



0 Response to "Orang Gunung Belajar Desain WPAP "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel