Pasti Aman Saat Belanja Online Dibulan Ramadhan, Jika Anda Terapkan Tips Cerdas Dibawah Ini.!!!




Dengan semakin maraknya pengguna gatget saat ini, kebutuhan yang semula sulit terbengkalai oleh jarak, waktu atau yang lain. Kini dngan mudah kita mendapatkannya, hanya tinggal memainkan jari-jari didepan mata. Contohnya Berbelanja online. Dan ini sudah menjadi hal yang biasa dimasyarakat, cukup dengan smartphone Anda bisa berbelanja barang apa saja yang ada di semua toko online baik di Indonesia maupun luar negeri.

Apalagi saat ini bulan ramadhan banyak orang belanja ntuk keperluan pribadi dan rumah tangganya. Maka sedini mungkin anda harus pasang senjata sebelum berbelanja. Terlebih belanja online.

Ada banyak layanan situs toko online yang ada namun tidak semuanya aman bagi Anda. Modus kejahatan kini sudah menyebar pada penjualan online jadi Anda harus berhati-hati ketika ingin belanja online. Karena memang sistemnya yang sama yaitu : konsumen dibiarkan memlih sendiri barang yang mau diorder, lalu transfer uang sesuai harga terpanpang. Kemudian barang dikirim. Yang penulis alami setelah uang ditansfer barang tak kunjung datang.  Modus yang seperti ini yang kami sangat khawatirkan. Dibawah ini Tips belanja online yang aman :

1.    Cari Tau Informasi Tentang Situs Web Belanja Online Anda

Anda bisa menggunakan mesin search engine Google.com untuk mencari tau tentang situs web belnja online anda. Teliti dengan baik. Kemudian kalau Anda berbelanja seperti pakaian online di situs web yang menurut anda sendiri kurang familiar. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi. Kalau tidak meyakinkan, segera kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama situs web itu. Carilah ulasan dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres, tinggalkan saja situs web itu. Biar anda tidak menyesal dan merasa dirugikan.

2.  Lihat tanda kunci di status bar untuk memastikan situs yang kamu pilih itu aman

Penting untuk kamu ketahui: situs yang aman adalah situs yang mempunyai SSL (Secure Sockets Layer). Situs yang punya SSL pasti diawali dengan “https://”. Ketika kamu mengaksesnya, akan ada simbol gembok di ujung status bar peramban kamu. Jadi, kalau kamu buka situs belanja onlineyang nggak bertanda gembok, jangan pernah membeli apapun dari situs tersebut.

3.    Teliti Dengan Baik Kebijakan Situs Web Terhadap Data Pribadi Anda

Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat. Misalnya, kalau ternyata barang yang kamu pesan tidak sesuai dengan harapanmu, kamu jadi tahu bagaimana mengembalikannya. Kalau ternyata situs itu tidak menyediakan peraturan tentang pengembalian barang? Kamu jadi bisa lebih hati-hati dan mungkin malah membatalkan transaksi sekalian.
Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.
4.    Chek Dan Periksa Paket Barang Dengan Membaca Deskripsi Produk Baik-Baik.
Anda perlu mencurigai pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar. Itu bisa jadi hanya jebakan penjual semata, untuk mengelabuhi konsumen. Di setiap situs jual-beli pasti ada rincian produk yang akan kamu beli. Kalau kamu tertarik membeli barang keperluan rumah tangga,  pastikan barang tersebut dalam  kondisi baik. Perhatikan ukuran barang yang ada di gambar, dan perkirakan produk itu sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau masih ragu, jangan malu bertanya langsung ke toko online tersebut.
5.    Jangan Tergiur Dengan Harga Barang Murah, Pastikan Kalau Barang Itu Berkalitas.


Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah. Kalau kamu mau membeli barang, jangan hanya perhatikan harga, tapi perhatikan kualitas barang tersebut. Kamu pasti punya alasan kenapa kamu membeli barang tersebut secara online. Harga boleh murah, tapi kalau kualitas murahan? Nanti menyesal, loh…

Lihatlah ulasan dari pembeli sebelumnya: apakah barang yang dijual asli atau palsu? Jika kamu membeli barang bekas, apakah garansi produk itu masih berlaku?.

6.      Belanja Baju, Celana, Atau Sepatu. Teliti Dulu Ukuran Yang Sesuai Badanmu

Kalau mau belanja baju, jangan salah beli ukuran dan model. Jangan langsung beli karena baju itu terlihat bagus atau “lucu”. Yang bagus di badan model belum tentu pas di badanmu.  Intinya, periksalah apakah ukuran lingkar dada, pinggul, dan pinggang yang tertera di situs tersebut sesuai dengan ukuran yang kamu miliki. Perhatikan juga apakah situs itu menggunakan standar ukuran Amerika, Inggris, atau Eropa.

7.      Pilihlah situs yang menyediakan  fasilitas pembayaran COD 

Cash on Delivery atau sistem bayar langsung saat kamu terima barang bisa memperkecil risiko pembelian barang secara online. Sistem ini baru menjamur 2 tahun terakhir, dan awalnya hanya untuk kota-kota besar. Tapi kini banyak juga kok situs belanja online yang menyediakan sistem COD di kota-kota kecil di Indonesia.

Kalau daerah tempat tinggalmu memang jauh dari jangkauan area COD, pilih saja jalur pembayaran lain yang aman: kartu debit. Kalau terpaksa memakai kartu kredit, jangan pernah berikan nomor kartumu di surat elektronik. Ada banyak program di dunia maya yang bisa mendeteksi nomor kartu kredit dan melakukan penipuan menggunakan kartu kreditmu!

8.    Periksa harga total.
Harga barang, plus ongkos bungkus, plus ongkos kirim, mudah-mudahan ada diskonnya. Bandingkan harga total dari suatu situs web dengan situs web lain.
9.    Simpan bukti transaksi
Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual. Ini akan menjadi bukti jika terjadi setelah anda order barang dan anda melakukan transfer uang, kemudian barang tak kunjung datang. Anda bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib dengan kelengkapan bkti terebut.
Intinya Anda harus selalu berhati-hati teliti dengan baik-baik barang yang hendak anda order. Pastikan nyaman dan aman. Selamat berbelanja dibulan berkah ini.

0 Response to "Pasti Aman Saat Belanja Online Dibulan Ramadhan, Jika Anda Terapkan Tips Cerdas Dibawah Ini.!!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel